Kamis, 30 Juni 2011

Walang Kadung (Belalang Daun)




 “walang-walang kadung, piye gayane kangmasku le turu?” kataku, sambil menelentangkan seekor walang (belalang) yang berada di tanganku.
Ha! Ha! Ha!
Aku dan kakakku pun tertawa terbahak-bahak melihat belalang itu terlentang sambil kakinya terangkat ke atas.
Ini yang ku alami waktu kecil dulu..
tak sampai disitu, teman-teman yang lainnya pun kena sasaran.
Sekarang kami ramai-ramai menyanyi ..

“walang-walang kadung, piye gayane si A le turu?”, riuh suara kami, sedangkan kakakku menelentangkan belalang yang dia ambil dari tanganku.

Ha! Ha! Ha!
“Luwih parah.. ..” ketawa kami menyaksikan aksi belalang yang kelihatan terlentang, mengkangkang kakinya plus mulutnya menganga ..
Saking asyiknya bermain, sampai kami tidak tau ternyata ibu ku sudah da di sebelah kami . ^_^
“ngguyune kok nganti ngunu, sakjane ono opo to?” tanya ibu.
Kakakku pun menceritakan permainan kami itu.
“boleh ibu pinjam belalangnya?” pinta ibu.
“mmm .. nduk, ngger* (.*panggilan untuk anak perempuan n laki-laki.), belalang itu termasuk golongan serangga lemah, tidak menyerang ketika diusik dan tidak mempunyai senjata yang kuat untuk melawan musuhnya. Tidak seperti lebah atau ular yang mampu menakuti manusia dengan sengatan/bisanya.”
“oleh sebab itu, untuk mempertahankan dirinya, belalang diam (tak bergerak) sambil membuka kaki dan sayapnya seluas-luasnya serta mengangakan mulutnya, supaya kelihatan lebih besar ukurannya sehingga bisa menakuti musuh-musuh yang mencoba mengganggunya.”
“coba liat belalang ini, kasihan kan..? dari tadi tak bergerak-gerak karena takut ditertawakan oleh kalian. Tau gak, kalo sejak tadi, si belalang ini berdoa : ‘ya Allah, selamatkanlah aku dari gangguan anak-anak ini’. Ni liat, si belalang sedang asyik berdoa”
“wuaaa ... kasiaaan” ucap beberapa teman.
“hmm .. kalau kasian, sekarang lepaskan belalang itu ke tempat semula ya. Mudah-mudahan Allah swt memberikan pahala kepada kalian, sebab berperilaku baik kepada makhluk yang lemah seperti belalang ini” tambah ibu.
So, sahabat-sahabatku .. sebagai sesama makhluk ciptaan Allah, mari kita saling melindungi ya. ^_^

1 komentar:

Unknown mengatakan...

jadi ingat masa kanak2, tp agak lain,.skrng., aq mencari artinya ,.sbagian pesen ibu benar.

Posting Komentar