Kamis, 17 November 2011

Makna (nilai) dari Dolanan Anak


Selama ini sering kita bernyanyi asal nyanyi, bermain pun asal main, tak banyak yang tau apa makna nyanyian dalam sebuah permainan. Hmm .. termasuk aku juga. Hehe ..

Beberapa waktu lalu, aku iseng buka catatan teman” di fesbuk, dari keisengan itu aku menemukan notes yang menggelitik tentang Indigenous Values dari Lagu Gundul-gundul pacul. Bagus banget cing .. aku terkesan, seumur-umur aku nyanyi ya cuma nyanyi tanpa tau maknanya. Baru setelah aku baca notes itu, aku baru sadar ternyata maknanya dalam euy .. ^_^

Pengen tau lebih lengkap kan? Yuk kita simak bareng ya ..

Gundul gundul pacul : tembang Jawa ini konon diciptakan tahun 1400-an oleh Sunan Kalijaga dan teman-temannya yang masih remaja dan mempunyai arti filosofis yang dalam dan sangat mulia.

Gundul adalah
kepala plonthos tanpa rambut. Kepala adalah lambang kehormatan, kemuliaan seseorang. Rambut adalah mahkota lambang keindahan kepala. Jadi gundul adalah kehormatan tanpa mahkota.
Pacul adalah cangkul yaitu alat petani yang terbuat dari lempeng besi segi empat. Jadi pacul adalah lambang kawula rendah, kebanyakan petani.
Gundul pacul artinya adalah bahwa seorang pemimpin sesungguhnya bukan orang yang diberi mahkota tetapi dia adalah pembawa pacul utk mencangkul, mengupayakan kesejahteraan bagi rakyatnya/orang banyak. 

Orang Jawa mengatakan pacul adalah papat kang ucul (4 yang lepas).

Kemuliaan seseorang tergantung 4 hal, yaitu bagaimana menggunakan mata, hidung, telinga dan mulutnya.
 1. Mata digunakan untuk melihat kesulitan rakyat/masyarakat/orang banyak.
2.Telinga digunakan untuk mendengar nasehat. 
3. Hidung digunakan untuk mencium wewangian kebaikan.
4. Mulut digunakan untuk berkata adil.

Jika empat hal itu lepas, maka lepaslah kehormatannya.
Gembelengan artinya besar kepala, sombong dan bermain-main dalam menggunakan kehormatannya.

GUNDUL-GUNDUL PACUL CUL artinya jika orang yang kepalanya sudah kehilangan 4 indera itu mengakibatkan 
GEMBELENGAN (= congkak/sombong).
NYUNGGI-NYUNGGI WAKUL KUL (menjunjung amanah rakyat/orang banyak) dg GEMBELENGAN (= sombong hati), akhirnya 
WAKUL NGGLIMPANG (amanah jatuh gak bisa dipertahankan) 
SEGANE DADI SAK LATAR (berantakan sia-sia, gak bermanfaat bagi kesejahteraan orang banyak)

Jadi ingat sama ribut-ribut gedung baru DPR. Persis banget dengan yang digambarkan oleh lagu ini. Aku pun jadi penasaran, tembang dolanan anak yang lain jangan-jangan maknanya dalam juga ya? Hehe ..
So, dengan sigap dan perasaan penasaran juga senyum aneh, (_xixixi_) ku temui mbah Gugel di tempat pertapaannya, ku tanya makna lagu Cublak-cublak Suweng.

Dan, inilah kata mbah Gugel ..

“Cublak cublak suweng
Suwenge tinggelenter
mambu ketundung gudhel
Pak empong lera lere
Sopo ngunyu ndelek ake
sir, sirpong dele kopong
sir, sirpong dele kopong
sopo nguyu ndelek ake”

cublak cublak suweng

kata “cublak” adalah sebuah kata kebiasan atau idium yang digunakan untuk sebuah permainan saling tebak, sedang kata suweng artinya adalah hiasan telinga (bukan anting anting atau giwang) suweng adalah hiasan telinga yang di cantelkan di daun telinga. Mungkin artinya kata dari idium tersebut adalah sebuah informasi yang penting. Jadi ditemukan kata artinya seperti ini : “(ayo lah) bermain tebak tebakan (sebuah) informasi yang sangat penting”

Suwenge tinggelenter

Seperti diatas suweng artinya adalah sebuah informasi yang penting, tinggelenter artinya adalah banyak tersebar berserakan. Jadi kalo digabungkan kedua kata tersebut ditemukan arti : “informasi penting (ini) (sebenarnya) tersebar disegala tempat.”

mambu ketundung gudhel

Mambu artinya adala tercium atau terdeteksi, ketundung artinya adalah diusir/dihilangkan, gudhel artinya adalah anak sapi, cuman saya merasa kata “gudhel” adalah sebuah kata kata idium yang mengartikan orang bodhoh atau orang yang sok tau akan tetapi tidak tau. Kenapa koq artinya begitu? Karena gudhel adalah anak sapi, sapi adalah hewan yang sangat bermanfaat, khususnya masyarakat pertanian, disamping manfaat susunya daging dan tenaganya biasanya juga dimanfaatkan. “gudhel” memang benar adalah anak sapi (hewan yang sangat bermanfaat) akan tetapi ketika masih “gudhel” (ketika sapi masih kecil) sapi kecil tersebut taunya cuman makan dan bermain (masih belum bisa dimanfaatkan .. belum keluar susunya, tenaganya masih kecil, dagingnya masih sedikit). Jadi arti kata “mambu ketundung gudhel” artinya adalah “kalo ketahuan bakalan diusir/dihilangkan/dirusak oleh orang orang yang tidak mengerti (bodoh)”
 (tapi di forum tempat saya mengambil postingan ini diralat kok, gudhel adalah anak kerbau..) 

Pak empong lera lere

Pak empong adalah idium kata dari dewasa/kedewasaan. Sebab artinya empong adalah ompong untuk penyebutan orang yang sudah berumur, sedang disebut pak adalah artinya tua yang memiliki arti juga sudah menjadi dewasa. Jadi kata “pak empong” adalah merujuk pada kata “orang yang dewasa dikarenakan mempunyai banyak pengalaman” kemudian lera lere artinya adalah menoleh kanan kiri atau memilih milih. Jadi kata “pak empong lera lere” adalah "orang dewasa yang sudah banyak pengalaman (mencari dengan) memilah milih (secara cermat)".

sopo ngunyu ndelek ake

artinya … “siapa yang tertawa (pasti) menyembunyikan”, memiliki persamaan arti sama seperti “siapa yang tertawa/menertawakan pasti mengetahui (kebohongan) yang ada” atau kalo lebih dipermudah kalo dibaca akan ketemu kata seperti ini “siapa yang (mengetahui pasti akan) tertawa/menertawakan (ketika) mengetahui (kebohongan) yang ada”

sir, sirpong dele kopong

kalo kata “sir pong dele kopong” kurang lebih artinya emmm … pong adalah sesuatu hal seperti bola yang kosong didalam nya, sedang dele (kedelai) kopong adalah kedelai yang mengambang diatas air .. kalau ga salah sich artinya menjadi seperti ini .. “(sesuatu) yang dianggap besar tersebut sebenarnya tidak ada isinya” atau memiliki persamaan arti dengan ini (biar nyambung sama kalimat kalimat terdahulunya, sebab ini adalah rangkaian sebuah tembang) “informasi yang dianggap benar sekarang ini, sebenarnya adalah kebohongan”

Jadi kalo digabungkan semua katanya dan disusun sesuai susunan “tembang Cublak Cublak suweng” membentuk kalimat seperti ini :

 “(ayo lah) bermain tebak tebakan (sebuah) informasi yang sangat penting.”
(sebenarnya) informasi penting (ini) (sudah) tersebar disegala tempat.”
(tetapi ketahuilah) kalo ketahuan (informasi penting ini) bakalan diusir/dihilangkan/dirusak oleh orang orang yang tidak mengerti (bodoh)
“orang dewasa yang sudah banyak pengalaman/”ilmu” (mencari dengan) memilah milih (secara cermat)”.
“siapa yang (mengetahui pasti akan) tertawa/menertawakan (ketika) mengetahui (kebohongan) yang ada”
“informasi yang dianggap benar (secara umum) sekarang ini sebenarnya adalah kebohongan”
“informasi yang dianggap benar (secara umum) sekarang ini sebenarnya adalah kebohongan”
“siapa yang (mengetahui pasti akan) tertawa/menertawakan (ketika) mengetahui (kebohongan) yang ada”

..**.. 

Keren euy .. aku baru tahu lho.
Barangkali ada sobat yang ingin berbagi tentang makna tembang dolanan anak? Monggo di-share buat belajar bareng .. Matur nuwun. ^_^

sumber : klik disini

0 komentar:

Posting Komentar